Selasa, 07 Januari 2014


TUGAS JURNALISTIK
PENGALAMAN KEGIATAN PKM di SMP NEGERI 6 SINGAJARA
Dosen Pengampu: I Ketut Pasek Gunawan, S.Pd.H















Oleh
Ni ketut martini dewi
(10.1.1.1.1.3893)









JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU
FAKULTAS DHARMA ACARYA
INSTITUT HINDU DHARMA NEGERI DENPASAR
2013








Pengalaman adalah sebuah kejadian yang memberikan suatu pelajaran kepada ita mengenai hal baik maupun hal buruk yang kita alami. Dari kejadian tersebut akan melahirkan sebuah pengalaman yang nantinya akan menjadikan sebuah pertimbangan untuk melakukannya kembali atau tidak . Dengan kemampuan yang dimiliki manusia itu sendiri, tentunya dapat mengendalikan dirinya untuk melakukan suatu perbuatan mulia, yang akan membawa manusia menuju kebahagiaan. Ketika manusia mengalami pengalaman yang buruk, manusia harus berusaha memperbaiki kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan dan melakukan sesuatu yang lebih baik. Dan ketika manusia mengalami pengalaman yang baik, manusia juga harus berusaha mempertahankan pengalaman yang dimilikinya dan selalu berusaha melakukan sesuatu yang jauh lebih baik dari itu dan pengalaman ini harus dijadikan motivasi agar kedepannya dapat mencapai kesuksesan.
Dalam tulisan saya ini, sedikit pengalaman yang akan saya ceritakan, pengalaman ketika saya melaksanakan kegiatan PKM di SMP Negeri 6 Singaraja. Sekolah yang bernuansa hindu ini sangatlah sesuai dengan jurusan yang saya ambil di kampus saya tercinta IHDN (Institut Hindu Darma Negeri Denpasar). Pertama menginjakkan kaki di sekolah ini, perasaan saya sangat terkejut den antusias melihat warga sekolah smp negeri 6 singaraja, para guru yang sangat baik menerima kami, siswa-siswi yang mempunyai beraneka ragam kepribadian yang, sejenak saya berpikir, Apakah saya bisa berinteraksi serta bersosialisasi dengan mereka selama PKM ini berlangsung. Pertannyaan itu pun bergulat di kepala saya.
Hari demi hari saya berusaha untuk menjalaninya. Sampai pada suatu saat, ketika saya mulai memasuki salah satu kelas yang akan saya ajar untuk kedepannya selama 3 bulan lamanya, saya berpikir bagaimana cara untuk memulainya. Mungkin karena jiwa seorang guru yang saya miliki dan bekal dari kampus yang saya bawa, dengan sendirinya kata-kata pun mengalir dari mulut saya begitu saja, sehingga saya memiliki keyakinan , saya bisa mengajar kelas ini.
Ternyata saya tidak hanya mengajar di satu kelas saja, tapi saya harus mengajar 6 kelas sekaligus. Ini membuat saya sedikit kerepotan. Tapi dengan keyakin yang saya miliki dan dorongan dari guru pamong saya, saya berusaha menjalaninya dengan penuh semangat dan tanggung jawab.
Dari sekian kelas yang saya masuki, banyak pengalaman yang saya dapat, mulai dari menghadapi siswa yang pintar yang sangat menantang saya untuk berdebat dengan siswa tersebut, dan siswa yang luar biasa malas, serta siswa yang super banyak bicara yang kadang membuat jengkel dan malas untuk mengajar mereka. Dari sini saya berpikir bagaimana saya harus menghadapi beraneka ragam kepribadian siswa-siswa tersebut. Saya selalu berusaha melakukan segala cara mulai dari konsultasi dengan guru pamong, dosen pembimbing dan teman PKM saya di SMP N 6 Singaraja.
Dan setelah saya menerapkan beberapa nasehat yang diberikan oleh mereka, saya pun mulai tau, dimana kelemahan saya dan bagaimana saya harus menghadapi mereka dan mempelajari karakter mereka semua. Seiring berjalannya waktu, tidak terasa sebulan lamanya sudah saya lalui. Saya mulai terbiasa menghadapi mereka semua. Dengan dukungan teman-teman saya, saya yakin, saya pasti bisa melewati tugas kuliah ini demi memenuhi persyaratan kelulusan. Mungkin hanya itu saja yang baru bisa saya ceritakan untuk saat ini.
Akhir kata saya ucapkan terima kasih atas waktu yang bapak luangkan untuk membaca pengalaman saya ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar